DAGING IMPORT PENUHI KEBUTUHAN BULAN RAMADHAN DAN HARI RAYA IDUL FITRI 2017

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menjamin pasokan daging untuk kebutuhan bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri tercukupi. Ia menyebut, saat ini Bulog memiliki stok 70 ribu ton daging impor yang berasal dari tujuh negara. Daging import ini terdiri dari daging sapi dan kerbau yang didatangkan dari Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, Kanada, Jepang, dan Spanyol. Sedangkan, daging kerbau didatangkan dari India.


Hanya saja, sosialisasi daging beku ini baru bisa gencar dilakukan di DKI Jakarta. Alasannya, distribusi daging kerbau dan sapi beku baru mengalir masuk Jakarta


Kondisi ini membuat Enggar meminta Asosiasi Distributor Daging Indonesia (ADDI) untuk mempersiapkan peyaluran daging beku secara optimal di Jakarta terlebih dahulu. Baru bila permintaan dari daerah lain meningkat, maka pasokan daging beku akan diperluas ke luar Jakarta.


Selain stok yang dimiliki Bulog, Mendag menyebut sejumlah distributor daging juga melaporkan masih memiliki cadangan yang belum digelontorkan ke pasar. Sehingga, ia memperkirakan stok yang ada saat ini lebih dari 70 ribu ton.


Terkait dengan harga, Kementerian Perdagangan telah memiliki kesepakatan dengan asosiasi pengusaha ritel Indonesia (Aprindo) dan sejumlah importir daging. Harga eceran tertinggi untuk daging beku di pasaran disepakati bersama seharga Rp 80 ribu per kilogram.

Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Instagram - Black Circle
  • Facebook Basic Square