DAGING SAPI IMPOR VS DAGING SAPI LOKAL


Ada beberapa aspek yang menentukan kualitas daging sapi baik lokal maupun impor, salah satunya adalah aspek fisik. Aspek fisik berkaitan dengan warna, tekstur, kandungan lemak, rasa dan aroma dari kedua gading tersebut.


DAGING SAPI IMPOR

Kualitas fisik daging sapi impor, yaitu :

  1. Warna daging berwarna merah segar darah.

  2. Tekstur daging berserat kecil dan halus yang menyebabkan daging empuk. Tekstur daging sapi impor teksturnya empuk karena serat dagingnya sedikit serta terlihat halus seratnya.

  3. Lemak (marbling) cukup banyak pada daging dan berwarna putih. Jumlah lemak yang terkandung dalam daging banyak dan berwarna putih untuk lemaknya.

  4. Rasa dagingnya gurih atau tasty serta juicy daging terasa. Rasa daging impor yang dagingnya tasty, juiciness, gurih dan melted di mulut.

  5. Aroma daging yang tidak berbau busuk atau tidak anyir.


DAGING SAPI LOKAL

Kualitas fisik daging sapi lokal, yaitu:

  1. Warna daging berwarna merah segar darah.

  2. Tekstur daging berserat besar dan banyak yang menyebabkan daging keras. Tesktur daging sapi lokal yang teksturnya keras karena mempunyai banyak serat daging dan jelas terlihat untuk seratnya.

  3. Lemak (marbling) sedikit dan berwarna kekuning-kuningan. Jumlah lemak yang terkandung dalam dagingnya sedikit dan berwarna kekuningan untuk warna lemaknya.

  4. Rasa dagingnya hambar, tidak tasty, dan sedikit pahit. Rasa daging lokal adalah hambar, tidak ada juicy daging, dan tidak tasty.

  5. Aroma daging yang tidak berbau busuk atau tidak anyir.

Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Instagram - Black Circle
  • Facebook Basic Square