TIPS MENGOLAH DAGING SAPI AGAR PROTEINNYA TIDAK HILANG DAN RASANYA LEBIH LEZAT

May 27, 2017

 

Tentunya, setiap bagian daging sapi perlu diolah dengan cara tepat​. ​Ini dilakukan agar menhasilkan daging dengan tekstur yang empuk dan bumbunya juga meresap. ​Untuk itu, Hijrahfood ingin berbagi tips sederhana dan sangat mudah untuk mengolah daging agar tetap terjaga kandungan protein, cita rasa dan kelezatanya.

 

Sebelum diolah, tentu ada beberapa proses yang harus di lakukan. Cara ini dapat membuat daging lebih empuk dan juicy saat dikonsumsi. Berikut ini beberapa tahapan yang perlu Anda simak sebelum mengolah daging sapi.

 

Jenis Potongan

Setiap potongan daging sapi punya manfaat tersendiri dalam masakan. Mulai dari bagian buntut biasanya digunakan untuk sup atau digoreng, has dalam bisa untuk steak atau rollade, has luar untuk semur, paha atas untuk rendang, sengkel untuk rawon atau sup hingga dada depan biasa digunakan untuk masakan yang di rebus.

 

Proses Memotong

Dalam proses pemotongan, perhatikanlah serat daging. Semakin besar garis tengah serat maka semakin kurang keempukannya. Selain itu, biasanya semakin tua umur sapi semakin lama juga proses pengempukannya. Untuk memotong daging sebaiknya berlawanan dengan arah serat dagingnya. Hal ini dilakukan untuk menghambat bersatunya serat daging saat proses perebusan sehingga lebih empuk.

 

Penyimpanan Daging

Setelah dibersihkan, ​p​otong-​potong​ daging sesuai dengan kebutuhan. Taruh dalam wadah tertutup dan simpan dalam freezer. Daging sapi beku perlu waktu 12 jam per 1 kg daging untuk melumerkan atau th​aw​ing. Saat melumerkan biarkan daging dalam kemasan pada suhu ruang. Jangan merendamnya tanpa kemasan, karena protein dan vitamin akan ikut larut dalam air. Agar lebih aman, taruh daging di chiller selama semalam sebelum ​diolah​.

 

Pengempukan Daging

Untuk mendapatkan proses pengempukan alami, gunakan enzim papain. Papain berasal dari daun pepaya yang dapat mencerna zat protein. Caranya, daging dipotong-potong kemudian dibungkus dengan daun pepaya yang sebelumnya agak diremas-remas selama 1 jam.

 

Tambahkan Aneka Bumbu

Selain garam, daging sapi perlu diolah dengan beberapa bumbu yang nikmat. Bawang putih, bawang merah, kemiri, cengkeh, kunyit hingga rempah-rempah lainnya dapat membuat rasa daging lebih nikmat. Selain itu, proses memasak dengan tambahan santan juga bisa membuat masakan lebih gurih seperti rendang hingga gulai.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Archive
Please reload

Search By Tags
Please reload

Follow Us
  • Instagram - Black Circle
  • Facebook Basic Square
Hijrahfood HQ

Jl. Raya Bantar Gebang Setu

No. 57, Cimuning, Kota Bekasi

17155 

Phone :

+6221-82622082

Whatsapp :

+62813-1640-5922

+62822-1000-0248

Hijrahfood Cakung

Ruko Taman Pulo Indah

Blok G No. 3, Cakung, 

Jakarta Timur

13940

Phone :

+621-4801380/81

Whatsapp :

+62813-8498-2788

 

Email :
info@hijrahfood.co.id

 

Find Us :
       hijrahfood.meatshop

 

  • Instagram

© 2020 by PT Hijrah Gizi Hewani