BRISKET MEMANG COCOK DIJADIKAN RAWON


Brisket yang dikenal juga dengan istilah “sandung lamur”. Daging sandung lamur adalah daging yang berasal dari bagian dada bawah sapi tepatnya di dekat kaki depan. Bagian ini merupakan salah satu bagian daging sapi yang kaya rasa dan berlemak. Ia juga bertekstur lembut. Potongan sandung lamur juga dibedakan menjadi dua yaitu, sandung lamur bagian pangkal (brisket naval end) dan sandung lamur bagian ujung (brisket point end).


Di beberpa negara kelezatan brisket menjadikannya digunakan untuk membuat corned beef serta smoked brisket. Namun, di Indonesia brisket atau sandung lamur biasa dijadikan rawon. Rawon adalah masakan Indonesia, khas Jawa Timur berupa sup daging berkuah hitam sebagai campuran bumbu khas yang mengandung kluwek.


Tekstur daging sandung lamur yang berlemak dan lembut membuatnya cocok untuk dijadikan makanan yang disajikan dengan kuah. Jus dari daging meresap ke dalam kaldu sehingga rasanya lebih gurih. Jika dipotong kecil-kecil, ia juga jadi mudah dan praktis dimakan sehingga cocok untuk jadi bahan hidangan seperti rawon, soup atau soto.


Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Instagram - Black Circle
  • Facebook Basic Square