TAHUKAH ANDA? KIKIL KAYA AKAN KANDUNGAN KOLAGEN, SELENIUM DAN PURIN


Masyarakat Indonesia tentunya telah terbiasa mengkonsumsi kikil. Karena dengan pengolahan yang tepat serta ditambahkan bumbu dan rempah membuat kikil menjadi makanan yang lezat. Kikil sapi biasa kita temukan di berbagai jenis hidangan nusantara seperti mie kocok, sate, sup, soto dan masih banyak lagi. Kikil merupakan bagian tulang rawan yang membungkus tulang maupun jari-jari kaki sapi tanpa bulu-bulu yang melekat diatasnya. Mari kita simak kandungan nutrisi pada kikil berikut ini.


KOLAGEN

Kolagen, yaitu sejenis protein yang memiliki kandungan asam amino essensial. Kandungan kolagen yang terdapat pada kikil sapi bersama dengan keratin dan elastin dapat berfungsi untuk membentuk struktur pada jaringan guna mempertahankan kekuatan dan elastisitas kulit.


SELENIUM

Selenium, yaitu sejenis mineral yang sangat penting untuk membantu mengaktifkan enzim antioksidan dalam tubuh yang disebut glutathione peroksidase. Enzim ini mampu melindungi tubuh dari penyakit berbahaya seperti kanker. Selain itu, selenium juga sangat penting untuk mempertahankan fungsi kekebalan tubuh agar tetap sehat dan berfungsi secara optimal yaitu dengan merangsang aktivitas sel-sel darah putih dalam tubuh.


PURIN

Purin, yaitu zat atau senyawa organik yang biasa ditemukan dalam berbagai jenis tanaman dan hewan yang ada disekitar kita. Zat ini nantinya akan diproses dalam tubuh untuk menghasilkan asam urat.


Untuk Anda yang gemar mengkonsumsi kikil, maka Anda perlu waspada. Karena pada kikil terdapat kandungan kolesterol dalam jumlah yang tinggi.


Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Instagram - Black Circle
  • Facebook Basic Square