Pasar Daging Beku Bakal Berkembang


Kalangan pelaku usaha optimistis pasar daging beku di Indonesia akan lebih berkembang dibandingkan dengan daging segar seiring dengan membaiknya permintaan konsumen belakangan ini.

Ketua Umum Asosiasi Distributor Daging Indonesia Ahmad Hadi mengatakan setelah diberlakukannya harga eceran tertinggi (HET) pada momentum ramadan dan lebaran 2017 bisa menjadi cerminan pasar daging beku. "Khusus untuk konsumsi masyarakat, ada peningkatan serapan setelah pemerintah memberlakukan HET daging beku. Ini akan terus berlanjut tidak hanya pada momentum Ramadan dan Lebaran saja," ujarnya di sela-sela diskusi Forum Logistik Peternakan Indonesia (FLPI) Institut Pertanian Bogor (IPB) Kamis (31/8).

Menurutnya, pelaku usaha juga saat ini sudah mulai mengandalkan daging beku dibandingkan daging segar untuk konsumsi kalangan dunia usaha seperti bisnis kaetring, rumah makan dan hotel. Dia menjelaskan, selaku distributor daging tunggal yang bekerja sama dengan pemerintah, pihaknya secara bertahap akan memeprbaiki pasokan daging beku ke masyarakat untuk bisa mewujudkan stabilisasi harga.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PD Dharma Jaya, Marina Ratna mengatakan rantai distribusi daging beku di Tanah Air sudah mulai membaik. Daging beku yang diimpor Dharma Jaya sendiri, kata dia, langsung dipasarkan kepada warga Jakarta. Sebab serapan daging beku di Jakarta cukup besar terutama konsumen yang memegang Kartu Jakarta Pintar.

Dia menjelaskan ketika daging beku diimpor, Dharma Jaya selaku BUMD sektor pangan milik Pemprov DKI Jakarta langsung memotong dan mengemasnya untuk diserap oleh warga Jakarta. "Serapan daging beku Dharma Jaya sebulannya bisa mencapai 150 ton untuk dinikmati oleh warga DKI pengguna KJP," paparnya.

Sumber: http://industri.bisnis.com/read/20170901/12/686193/pasar-dagng-beku-bakal-berkembang

Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Instagram - Black Circle
  • Facebook Basic Square